08 Agustus 2017

Fungsi Ganda Pada Indera Penciuman Ikan Mas

Deskripsi :

"Indera penciuman ikan mas ternyata bukan hanya bisa mendeteksi aroma tapi juga bisa mendeteksi seberapa besar nilai atau kadar protein dari makanan atau target mangsa".

Tahukah anda... bahwa indera penciuman yang dimiliki oleh ikan mas bukan hanya berfungsi untuk mencium aroma terhadap obyek yang akan dijadikan mangsa , tapi indra ini juga mampu mendeteksi kadar gizi, nutrisi atau protein. Ada 3 indera terpenting yang dimiliki dalam kaitanya dengan aktifitasnya dalam mencari mangsa. Indera ini selanjutnya dijadikan sebagai dasar pembuatan umpan ikan mas oleh sebagian orang.

Bagaimana bisa indra yang melekat pada ikan ini digunakan oleh sebagian orang sebagai acuan untuk membuat umpan ikan mas, baik umpan yang berupa makanan ataupun umpan tiruan? Berikut uraian serta penjelasan tentang ketiga indera pada ikan mas.

indera penciuman ikan mas

Indera Penglihatan Ikan Mas

Seperti binatang lainya, indera penglihatan (mata) ikan pun sangat tajam., segala obyek di sekitarnya mampu ditangkap dengan baik terutama terhadap obyek bergerak. Misalnya mampu mendeteksi gerak dari seekor cacing dan sebagainya. Dan dari literatur yang pernah saya baca bahwa indera penglihatan ikan mas ini juga mampu membedakan warna dari sebuah obyek yang dilihatnya.

Indera Penciuman Ikan Mas

Hidung atau penciuman ikan mampu mendeteksi aroma amis, wangi, masam dan sebagainya dengan radius yang cukup luas. Dari beberapa informasi yang pernah penulis baca penciuman ikan mas ini mampu menembus jarak sampai dengan radius 100 meter.

Indra Pendeteksi Nutrisi Ikan Mas

Selain mampu mendeteksi aroma, kedua lubang yang terletak di ujung kepala pada seekor ikan mas ini konon mempunyai fungsi juga untuk mendeteksi seberapa besar kadar nutrisi dari obyek ( umpan ) yang akan dijadikan mangsa atau santapannya. Indra pendeteksi inilah yang tidak kalah pentingnya yang kemudian oleh sebagian orang dijadikan dasar untuk pembuatan umpan ikan mas. Suatu ketika penulis pernah googling tentang perangsang ikan mas dan mampir ke sebuah blog yang memuat artikel tentang kaitanya dengan indera pendeteksi ini. Blog tersebut menyimpulkan bahwa "kadar nutrisi dari sebuah umpan yang mampu menarik perhatian ikan adalah berkisar 20% - 45% "Dalam kesempatan lain saya pun iseng-iseng mencoba untuk mempraktekannya, dan wow... hasilnya memang tidak begitu mengecewakan. Dan ketika itu juga rekan-rekan pun bertanya " Meunang resep eupan ti mana euy... ( dapat resep umpan dari mana hai... ) ". Tapi sayang blog tersebut saya lupa alamatnya dan saya pun tidak sempat memberi " like " karena memang blog atau websitenya tidak dilengkapi fitur tersebut.

Terimakasih... telah berkunjung ke situs ini, semoga artikel ini bermanfaat.

Share :

Tidak ada komentar:

Postingan Populer

About Us :

Mancing JarambahMANCING JARAMBAH adalah sebuah website yang bertemakan seputar hobby mancing yang diangkat ke dalam bentuk sebuah tulisan dari sebuah cerita nyata, pengalaman, serta berbagai tips & trick dan informasi lain yang berhubungan dengan seputar hobby mancing tentunya yang kemudian kami bagikan kepada pembaca khususnya pemancing mania di manapun berada. Semoga keberadaan blog / website ini bermanfaat!