17 November 2017

Aroma Perangsang Pada Pelet Ikan

Deskripsi :

Selain bahan dasar utama, cara pembuatan pelet ikan mas ikan nila ini ternyata juga menggunakan aroma perangsang agar ikan mau menghampiri pelet.

Ini adalah sebuah kasus yang terjadi pada seorang peternak ikan tentang perbedaan antara pelet buatan pabrik dengan pelet buatan sendiri. Pada suatu ketika seorang peternak ikan ini hendak berupaya menekan biaya produksi pakan ikan yang harus dia keluarkan pada setiap harinya. Hingga suatu hari ia memutuskan untuk mencoba membuat pakan ikan sendiri.

Singkat cerita, pelet ikan buatan sendiri pun telah selesai dibuat. Pelet ikan hasil buatan sendiri nya pun ia bawa ke laboratorium untuk mengetahui seberapa besar kandungan proteinnya. Woww.. ternyata peternak ikan ini sukses membuat pelet ikan dengan kadar protein yang ternyata lebih tinggi bila dibanding pelet buatan pabrik yang biasa ia berikan pada ternak ikannya. Efisiensi biaya nya pun ternyata cukup lumayan.

Keesokan hari, peternak ikan ini memulai melakukan uji coba pakan ikan yang ia buat. Pelet buatan sendiri pun di tebarkan, murni tanpa campuran  dengan pelet buatan pabrik. Dan apa yang terjadi........ ikan pun diam tak bereaksi, jaring ikan tak bergetar seperti layaknya ketika menaburkan pelet ikan buatan pabrik. Peternak ikan ini akhirnya diam berhenti menaburkan pelet ikan buatan sendiri lalu menggantinya dengan pelet buatan pabrik.

Perangsang pelet ikan

Kandungan aroma perangsang pada pelet ikan buatan pabrik

Selidik demi selidik ternyata ada satu zat atau bahan yang tidak terdapat pada pelet buatan sendirinya, zat apakah itu?. Minyak ikan... ternyata minyak ikan lah zat atau bahan tak ada pada pelet buatan sendiri dari peternak ikan tadi. Pelet buatan pabrik pun ternyata menggunakan campuran minyak ikan sebagai aroma perangsang ikan pada pelet. Pemberian minyak ikan pada pelet buatan pabrik pada umumnya berkisar 4-5% dari berat pakan.

Dari kasus ini kita bisa mengambil kesimpulan, bahwa minyak ikan adalah salah satu aroma perangsang ikan alami yang ditambahkan atau dicampurkan pada pelet ikan. Namun minyak ikan ini harganya memang terhitung agak mahal. Untuk campuran pada sebuah pelet ikan, produsen pelet ikan membelianya dalam ukuran kiloan. Minyak ikan pun dipilih bukan dari hasil sulingan ikan-ikan yang tergolong ikan mahal pula seperti ikan salmon, ikan hiu ataupun ikan paus. Untuk campuran pada pelet ini biasanya diambil dari perasan ikan seperti ikan sardine, ikan lemuru atau ikan lain sejenisnya.

Di era serba online sekarang ini tidaklah sulit untuk mendapatkan minyak ikan dalam bentuk kemasan literan, kiloan atau bahkan dalam kemasan zerigen yang biasanya berisikan berat 5kg, 10kg, 20kg per zerigen. Anda tinggal mengetikan sebuah kata kunci: minyak ikan kiloan, minyak ikan literan pada sebuah tabulasi pencarian toko online. Menarik bukan.... pengingin membuat pelet ikan sendiri?

Semoga artikel tentang "Aroma Perangsang Pada Pelet Ikan" ini bermanfaat sebagai nuansa ilmu bagi dasar membuat umpan jitu ataupun pelet ikan yang ampuh untuk penabur dan pengumpul ikan di area alam terbuka seperti danau, waduk dsb.

Share :

Tidak ada komentar:

Postingan Populer

About Us :

Mancing JarambahMANCING JARAMBAH adalah sebuah website yang bertemakan seputar hobby mancing yang diangkat ke dalam bentuk sebuah tulisan dari sebuah cerita nyata, pengalaman, serta berbagai tips & trick dan informasi lain yang berhubungan dengan seputar hobby mancing tentunya yang kemudian kami bagikan kepada pembaca khususnya pemancing mania di manapun berada. Semoga keberadaan blog / website ini bermanfaat!