15 Agustus 2017

Memilih Bandul Super Untuk Pengumpul Ikan

Deskripsi :

"Pelet 781 merupakan pelet terbaik sebagai bahan dasar utama dalam meracik pelet bom fishing, bandul galatama ikan mas dan pengumpul ikan paling jos baik di arena galatama maupun mancing di spot alam liar"

Bagi kalian yang suka mancing jarambah yang tinggal didaerah bandung sekitarnya tentunya sudah tak asing lagi dengan istilah "Bandul" . Bandul adalah pelet atau makanan ikan yang sengaja diolah dan diramu yang kemudian digunakan sebagai bom pengumpul ikan.

Bandul bom ini biasa digunakan oleh mereka yang biasa mancing di arena (kolam) galatama ikan mas. Namun seiring perkembangan, bandul ini banyak juga digunakan oleh mereka yang suka mancing di spot mancing alam terbuka alam liar seperti waduk cirata, jatiluhur, saguling dsb.

memilih bandul super

Bila ditinjau dari tujuan bandul untuk mengumpulkan ikan, ini berarti kwalitas akan bandul sangatlah berpengaruh sekali terhadap berkumpulnya ikan. Terlepas dari pengecualian, sebuah bandul haruslah mampu memberi perhatian terhadap ikan hingga mereka mencoba hengkang dari persembunyiannya untuk menghampiri bandul yang kita taburkan telah kita tebarkan. Ada 3 faktor setidak yang perlu diperhatikan dalam memilih bandul ini. Yaitu dengan mengacu pada pendekatan akan indera pada ikan (baca artikel sebelumnya tentang : ( Fungsi Ganda Pada Indera Penciuman Ikan Mas ). Bandul harus mengandung unsur sebagai berikut  :

1. Bentuk fisik, artinya bandul ini bisa terurai bila ditaburkan, sehingga memungkinkan ikan untuk mengenalinya. Bayangkan apa yang terjadi seandainya bandul yang anda taburkan, secara fisik berbentuk keras seperti bata merah ~ ( Indera penglihatan ).
2. Aroma, artinya bandul haruslah mengandung unsur aroma yang disukai ikan ~ ( Indera penciuman ).
3. Protein, artinya bandul juga harus mengandung protein yang cukup, yang oleh ikan akan dideteksi sebagai target mangsa karena mengandung protein tinggi ~ ( Indera pendeteksi ).

Dari 3 faktor diatas, menurut pendapat saya bandul pelet 781 lah yang mengandung unsur ketiganya. Mari kita bedah tentang bandul pelet 781 (prod. pd mutiara)  ini.

Kandungan pelet pengumpul ikan 781

Selain bentuk fisiknya sangat mudah dan cepat dihaluskan ketika di campur air, bandul ini juga memiliki lemak atau minyak perangsang ikan kurang lebih sebesar 5%. Untuk kadar proteinnya, dari beberapa pelet ikan sejenisnya ternyata pelet pengumpul ikan 781 ini ternyata mengandung kadar protein paling tinggi.

- Bandul 781 : -+ 30% protein.
- Bandul 789 : -+ 25% protein.
- Pelet 888 : -+ 25% protein

Di bawah ini sedikit gambaran pelet 781saat digunakan sebagai pakan ternak ikan. Sebenarnya pelet 781 ini adalah jenis apung yang biasanya dikhususkan untuk ikan lele. Pelet ini diberikan sesuai dengan masa petumbuhan ikan.

781-1 (diameter 2,2-3 mm) diberikan pada masa awal tebar,
⦁ 781-2 (diameter 2,4-3 mm) diberikan pada saat masa pertumbuhan atau pertengahan, sedangkan
⦁ 781-3 (diamter 3,2-4 mm) diberikan pada saat memasuki masa panen atau pada indukan lele.

Dengan pertimbangan kadar protein yang lebih tinggi dari pelet lain, maka pelet ini sering digunakan pula oleh pemancing sebagai bandul atau bom pengumpul ikan. Karena pelet 781 ini tergolong jenis pelet apung, maka dalam penggunaannya untuk bandul pancing pelet ini dihancurkan terlebih dahulu (kasar/tidak halus) sehingga akan mudah menyerap air.

Dalam pengamatan penulis, bahwa banyak bandul khususnya bandul yang digunakan di spot alam terbuka yang dikemas dengan berbagai macam merek yang mana  semuanya hampir 70% terbuat dari bahan pelet 781 dan sisanya ada campuran lain, misalnya menir (beunyeur) dan pelet ikan lainya. Alasan lain kenapa pelet 781 ini sering digunakan sebagai pelet bom adalah harganya yang sangat ekonomis bila dibanding dengan pelet PsP yang pernah penulis muat di artikel lain pelet bom pengumpul ikan.

Terimakasih.. telah berkunjung ke website ini, semoga bermanfaat dan sampai ketemu kembali di artikel lain masih tentang bandul yang kemampuannya tak kalah dahsat dalam mengumpulkan ikan.

Share :

Tidak ada komentar:

Postingan Populer

About Us :

Mancing JarambahMANCING JARAMBAH adalah sebuah website yang bertemakan seputar hobby mancing yang diangkat ke dalam bentuk sebuah tulisan dari sebuah cerita nyata, pengalaman, serta berbagai tips & trick dan informasi lain yang berhubungan dengan seputar hobby mancing tentunya yang kemudian kami bagikan kepada pembaca khususnya pemancing mania di manapun berada. Semoga keberadaan blog / website ini bermanfaat!