21 Juni 2023

Campurkan Racikan Essen Lumut Ini! Sambaran Ikannyapun Menjadi Galak

Deskripsi :

" Oplosan essen ikan nila paling ampuh paling galak untuk dicampuran pada umpan media lumut sangat cocok untuk mancing di alam liar" .

Salam jumpa sobat mancing mania... pada artikel ini saya ingin berbagi cerita, berbagi pengalaman tentang bagaimana cara membuat racikan essen yang disukai ikan nila yang sangat cocok untuk mancing di  spot alam terbuka atau alam liar seperti di waduk cirata, saguling, jatiluhur dsb dengan tidak begitu banyak melibatkan campuran bahan dasar alias hemat biaya.

Cerita ini saya angkat dari kejadian yang pernah saya alami saat pertama kali belajar mancing 12 tahun silam, semoga cerita ini menginspirasi bagi kalian yang suka otak-atik membuat racikan, oplosan aroma yang bisa menarik perhatian ikan nila agar mau menghampiri umpan yang kita pasang pada kail pancing, syukur-syukur nila babon.

Bersama rekan kerja mancing ke jatiluhur ataupun ke cirata biasanya kita jadwalkan pada minggu pertama dan ketiga sedangkan pada minggu kedua dan keempat saya gunakan untuk pergi mancing ke waduk saguling. Kesempatan ini biasanya saya gunakan untuk mancing jarambah ke spot pemancingan yang ada di waduk saguling desa bunder seperti di spot cimonyet, cigagak, cicadas dan sebagainya. Pokoknya selalu saya ushakan untuk menyebrang menggunakan perahu atau bargas. Waktu itu ongkos perahu pun masin dibilang sangat murah, Rp.5000,- untuk perjalanan pulang-pergi. Sedangkan ongkos rakit cuma Rp.3000,-

Eseen lumut usar

Bicara tentang hasil pancingan, hingga saat ini sudah bukan rahasia lagi jika seharian mancing di waduk saguling hanya mendapat 5 ekor ikan merupakan hasil yang luar biasa. Karena memang di waduk saguling ikannya tak sebanyak jika dibanding dengan waduk cirata dan jatiluhur. Namun anehnya... sekalipun masih dibilang pemula dalam memancing, memasang umpan lumut pun masih dikocok tapi acap kali saya pergi ke spot-spot pemancingan ini justru selalu membawa hasil. Jarang kudapatkan dengan tangan kosong (alias koja garing) saat pulang mancing. "Lukut Elin" ini satu-satunya langganan ketika saya membeli umpan lumut, karena texture nya yang halus tapi panjang sangat cocok bagi pemancing pemula dengan menggunakan umpan lumut.

Racikan Essen Nila Paling Galak

Layaknya pemula, segala hal baru yang menyangkut umpan ataupun essen selalu ingin mencobanya. Suatu ketika seorang sahabat memberikan saya sebotol ukuran kecil essen warna hitam pekat seraya bilang " Nih.. coba essen ini, teteskan sebanyak dua tetes saja untuk satu baskom isi lumut ". Disaat yang bersamaan aku jga baru saja beli satu botol besar essen daging merk diva. Dengan  niat eksperimen akhirnya aku mulai coba-coba untuk mengoplosnya dengan essen usar dari pemberian sahabat tadi. Secara garis besar saya simpulkan sebagai berikut :

"Campurkan satu botol ukuran kecil essen usar dengan satu botol ukuran besar essen daging merk Diva". Sedangakn pemakainyya cukup 2 sampai 5 tetes untuk satu baskom lumut.

Seperti layaknya pemancing pemula yang selalu mengandalkan umpan cacing, hingga mereka beranggapan bahwa semua gaya sambaran ikan akan sama seperti sambaran dengan menggunakan umpan cacing. Tak terkecuali seperti yang saya alami. Setahu saya bahwa sambaran ikan dengan menggunakan cacing sama galaknya dengan sambaran ikan menggunakan umpan lumut. Sekian tahun berlalu dan seiring dengan pengalaman dalam memancing pun bertambah, akhirnya aku geleng-geleng kepala. Ternyata waktu itu aku tanpa sengaja telah meracik essen lumut paling gacor yang membuat sambaran alias sangutannya galak layaknya menggunakan umpan cacing. Terus terang ketika itu saya jarang menggunakan oplosan essen ini untuk saya gunakan di spot-spot pemancingan waduk cirata maupun jatiluhur, karena saat itu ikan di bendungan cirata ataupun jatiluhur masih terbilang banyak. Selain itu mungkin juga jumlah pemancing yang kian bertambah banyak. Singkatnya, kemungkinan sukses dengan membawa hasil yang cukup lumayan sering kami alami kala itu.

Semoga cerita ini bermanfat dan menambah perbendaharaan yang berkaitan dengan dunia hobi mancing, terutama seputar essen ataupun umpan pancing. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada sahabat atau rekan-rekan pemancing lain melalui group ataupun social media. Akhir kata " Salam Mancing mania, Salam getruk saguling...!" 

Tags :
#essen #essenlumut #essenikannila
#racikanessen #umpanlumut

Share :

Tidak ada komentar:

Postingan Populer

About Us :

Mancing JarambahMANCING JARAMBAH adalah sebuah website yang bertemakan seputar hobby mancing yang diangkat ke dalam bentuk sebuah tulisan dari sebuah cerita nyata, pengalaman, serta berbagai tips & trick dan informasi lain yang berhubungan dengan seputar hobby mancing tentunya yang kemudian kami bagikan kepada pembaca khususnya pemancing mania di manapun berada. Semoga keberadaan blog / website ini bermanfaat!