02 Agustus 2023

Umpan Ikan Mas Sederhana Tapi Ampuh

Deskripsi :

" Resep racikan jitu umpan ikan mas sederhana, ringan biaya tanpa kroto yang sangat mudah dicari dan tersedia di toko pancing terdekat. Sangat cocok untuk lomba mancing di arena kolam dan di segala macam cuaca." 

Ok.. sobat mancing mania dimanapun kalian berada, jumpa lagi di blog saya mancing jarambah, sebuah website yang bertemakan seputar hobi mancing. Pada artikel ini saya akan berbagi tips tentang bagaimana cara membuat, cara meracik umpan ikan mas yang bisa anda gunakan untuk lomba di arena pemancingan kolam atau empang. Resep umpan ikan mas ini saya dapat dari pengalaman saat mancing di cibeber, salahsatu nama kampung di daerah kotib Cimahi seperti yang pernah saya ceritakan sebelumnya ( di artikel: Kenali Aroma Yang disukai Dan Aroma Yang Tak Disukai Ikan Sebelum Berangkat Berburu ).

Cibeber adalah sebuah nama desa dimana disitu terdapat kolam besar pemancingan galatama ikan mas. Para pesertanya kebanyakan para pemancing galatama se-bandung raya, bahkan di hari minggu tidak jarang pemain galatama dari luar kota pun ikut serta. Dari situ hingga banyak pemuda sekitar yang mempunya keahlian dalam meramu umpan ataupun essen jitu galatama.

Pada saat yang bersamaan, aku punya usaha sampingan kecil-kecilan yaitu sebuah toko peralatan pancing di daerah tersebut. Singkat cerita, banyak dari pemuda sekitar yang menawarkan kepada saya resep umpan ikan mas berikut peruntukkannya untuk kolam pemancingan daerah mana. Semua resep umpan ikan mas yang mereka tawarkan aku catat satu-persatu, siapa tahu ada salah satu pelanggan yang pingin dibuatkan umpan instan.

Umpan ikan mas

Inilah salahsatu resep umpan ikan mas sederhana tapi ampuh yang akan saya bagikan kepada kalian, siapa tahu resep racikan umpan ikan mas ini jitu juga cocok digunakan di kolam atau empang yang berada di sekitar anda. Ini resepnya:

Bahan Umpan Ikan Mas Sederhana

⦁  1 Bungkus Umpan Merk DN
⦁  5 Butir Telur Puyuh Matang
⦁  1 Bungkus Kinoy ( Tepung Mie ) ukuran besar (Rp.1.000,-/bungkus)
⦁  2 Sendok Teh Ikan Tuna merk Deho
⦁  5 Butir Minyak Ikan
⦁  3-5 tetes essen kopi mocca (usahakan merk diva)

Cara Membuat, Meracik Umpan Ikan Mas Sederhana

1)  Buka 1 bungkus kinoy, 5 butir kuning telur puyuh, 5 butir minyak ikan, 2 sendok teh ikan tuna merk deho dan taruh pada sebuah baskom. lalu tuangkan air panas (jangan terlalu encer) secukupnya dan haluskan hingga benar-benar halus dan tercampur.rata dari keempat bahan tersebut.

2)  Jika adonan dirasa benar-benar lembut, teteskan essen kopi mocca 3-5 tetes (sesuaikan dengan kondisi air kolam) lalu haluskan lagi hingga aroma perisa kopi mocca betul-betul tercampur rata.

3)  Proses terakhir, buka lalu campurkan 1 bungkus merk DN lalu kembali haluskan hingga adonan benar-benar lembut. Jika adonan teras begitu keras anda bisa menambahkan lagi sedikit air. Demikian pula sebalikna, jika adonan tersa encer tambahkan sedikit kinoy hingga kekentalan adonan sesuai dengan yang anda inginkan. Tapi usahakan jangan sampai ada tambahan bahan agar adonan tetap sesuai dengan porsi yang telah ditetapkan dalam resep. Simpan umpan yang telah siap ke dalam plastik agar tak terkontaminasi bakteri hingga berakibat mudah masam dari umpan tersebut. Misalnya: lalat atau sentuhan tangan yang kotor terkena bakteri.

   Baca juga : Umpan Ikan Mas Musim Hujan

Oh ya sobat mancing mania, jika di tempat anda susah untuk mendapatkan umpan mentah (umpan dasar merk DN) anda bisa menggantinya dengan umpan dasar merk lain selama umpan tersebut tidak ber-aroma alias tawar. Jika yang ber-aroma wangi dikhawatirkan aromanya akan berbenturan dengan aroma dari essen kopi mocca. Demikian pula saat proses pembuatan umpan, usahakan semuanya steril bebas dari bakteri yang membuat umpat cepat membusuk. Jika perlu, oleskan tangan hingga peralatan denga alkohol sebelum memulai.

Semoga artikel tentang cara membuat " Umpan Ikan Mas Sederhana Tapi Ampuh " bermanfaat dan menambah perbendaharaan tentang cara meracik, meramu umpan ikan mas. Dan jamgan lupa bagikan kepada sobat terdekat melalui group sisial media anda. Thank's...!

Share :

Tidak ada komentar:

Postingan Populer

About Us :

Mancing JarambahMANCING JARAMBAH adalah sebuah website yang bertemakan seputar hobby mancing yang diangkat ke dalam bentuk sebuah tulisan dari sebuah cerita nyata, pengalaman, serta berbagai tips & trick dan informasi lain yang berhubungan dengan seputar hobby mancing tentunya yang kemudian kami bagikan kepada pembaca khususnya pemancing mania di manapun berada. Semoga keberadaan blog / website ini bermanfaat!