26 Maret 2018

Essen Pengumpul Ikan | Essen Ternama Import Halco

Deskripsi :

Essen import Halco dari australia dan jerman, aromanya disukai ikan mas nila patin lele yang sangat cocok untuk campuran racikan pelet bom atau bandul pengumpul ikan.

Tambahkan essen pengumpul ikan mas halco ini yang mempunyai aroma khas yang sangat disukai bukan saja ikan mas tapi juga berbagai jenis ikan lainnya ke umpan ikan mas juara ataupun pelet bom anda agar menjadi lebih sempurna.

Ok, sobat mancing jarambah... lagi-lagi tentang hobby mancing baik di spot alam maupun di spot kolam memang sangatlah asyik untuk dibahas. Apalagi di spot bebas alam terbuka, selain lebih irit biaya juga terasa lebih puas karena waktu yang tak terbatas tidak seperti memacing di arena kolam atau empang yang dibatasi oleh waktu.

Akan tetapi sekalipun waktunya tak dibatasi, jika sekian lama tak ada tarikan atau dalam bahasa sunda "euweuh sangutan" kitapun akan jenuh dibuatnya. Bagi kalian yang suka memancing di arena alam liar seperti waduk cirata, jatiluhur, saguling dan sebagainya saya akan berbagi tips tentang bagaimana cara mengumpulkan ikan dengan menambahkan essen halco ini ke racikan pelet bom pengumpul ikan anda  dan juga cara menambahkan ke racikan umpan terbaik anda bagi kalian yang terbiasa fight di arena pemancingan kolam atau empang.

essen pengumpul ikan

Bagaimanakah bentuk, cara penggunaan, berapa harga serta bagaimana kemampuan dari essen halco ini dalam mengundang ikan untuk berkumpul di area spot. Ikuti uraian serta penjelasannya di bawah ini:

Apa itu essen halco

Sebelum sampai pada bagaimana cara penggunaan essen halco pada spot pemancingan kolam dan spot alam terbuka atau alam liar, alangkah baiknya saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang apa itu halco?. Halco adalah sebuah nama perusahaan dan merk dagang dari Australia yang bergerak pada produk alat-alat pancing seperti umpan tiruan, aroma perangsang ikan, peralatan pancing seperti pencapit ikan dan sebagainya. Dalam kaitannya dengan judul artikel ini, mestinya salah pruduk yang akan kita bahas adalah aroma perangsang ( essen ) ikan. Essen halco ini sebenarnya lebih tepat digunakan pada jenis umpan tiruan. Karena efek dari aroma halco ini sangat menyengat, oleh karena itu aromanya sangat menjadi perhatian ikan terutama ikan yang berjenis predator. Namun demikian banyak pula yang menggunakannya sebagai campuran (aroma perangsang) pada umpan ikan mas. Demikian pula tak jarang yang menambahkannya ke umpan tabur atau pelet bom sebagai sarana aroma atau perangsang untuk mengumpulkan ikan

Macam dan jenis essen pengumpul ikan halco

Aroma perangsang ikan seperti odol pasta gigi produk halco ini ada 2 jenis, yaitu halco yang digunakan pada air tawar ( warna hijau ) dan halco yang digunakan pada air asin/laut ( warna biru ). Dari situs resminya, diterangkan bahwa kedua jenis halco ini merupakan zat aditif yang dibuat dengan menggunakan feromon ikan yang diproses secara kimia. Artinya halco ini merupakan zat yang bisa membuat sifat ketergantungan bagi ikan ( zat aditif ) dan dibuat dari bahan dasar ikan pula yang tak dijelaskan secara detail, mungkin bisa berasal dari minyak ikan atau bagian lain dari ikan tertentu yang diproses secara kimia. Tapi dari beberapa ahli perangsang ikan mengatakan bahwa, kandungan dari essen pengumpul ikan halco ini berasal dari bahan "anak tawon" yang diolah secara pabrikasi.

Bentuk kemasan essen pengumpul ikan halco

Aroma perangsang ikan halco ini berbentuk seperti pasta yang dikemas seperti odol pasta gigi dengan berat bersih 50gr dan harganya pun cukup lumayan mahal, kurang lebih Rp.250.000,- /buah. Penggunaan halco sebenarnya hanya dioleskan pada umpan tiruan. Nah.. sekarang bagaimanakah cara penggunaan aroma perangsang ikan halco ini bila digunakan sebagai essen untuk pengumpul ikan di area alam terbuka seperti danau, waduk, sungai, rawa dsb?

Cara penggunaan essen pengumpul ikan halco

Berikut adalah cara penggunaan halco sebagai essen pengumpul ikan yang dicampurkan pada pelet penabur juga pada umpan ( pengalaman penulis ) di lokasi pemancingan alam terbuka seperti waduk jatiluhur, waduk cirata, waduk jatigede, waduk saguling dsb. :

1. Siapkan 1kg meneer atau dalam bahasa sunda beunyeur (hasil sisa penggilingan padi) lalu siram dengan sedikit air hingga meneer atau beunyeur menjadi lembab.
2. Tuangkan Halco kurang lebih sepanjang 3cm (dengan diameter pada ujung pembuka halco 2cm) pada sebuah sendok stanlees lalu panaskan hingga mencair. Takaran halco ini bisa anda sesuaikan sendiri dengan seberapa besar lubang pada tutup halco ketika anda mengupasnya. Misalkan, jika anda mengupasnya dengan diameter 1 cm maka takaran halco menjadi kurang lebih 6cm.
3. Campurkan Halco yang telah dipanaskan ke dalam meneer atau beunyeur yang dalam kondisi lembabab tadi lalau aduk hingga semuanya tercampur rata.
4. Meneer atau beunyeur siap anda gunakan dengan cara menaburkan sedikit demi sedikit
5. Pada umpan cacing, campurkan halco sepanjang kurang lebih 1,5 cm pada kurang lebih satu genggam tanah .
6. Demikian pula untuk umpan lumut atau lukut dengan mencampurkan halco sepanjang 1,5 cm ke dalam air pada sebuah baskom berdiameter kurang lebih 30 cm kemudian tuangkan lumut ke dalam baskom yang telah diberi essen halco tersebut.
7. Dan jika halco ini digunakan sebagai aroma perangsang umpan ikan mas untuk spot kolam adalah sepanjang 1 cm untuk umpan jadi siap pakai seberat 1/4 kg (250 ons). Aturan tidak baku, anda bisa menyesuaikan dengan kondisi air kolam yang digunakan untuk lomba.

Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat mencoba!

Share :

Tidak ada komentar:

Postingan Populer

About Us :

Mancing JarambahMANCING JARAMBAH adalah sebuah website yang bertemakan seputar hobby mancing yang diangkat ke dalam bentuk sebuah tulisan dari sebuah cerita nyata, pengalaman, serta berbagai tips & trick dan informasi lain yang berhubungan dengan seputar hobby mancing tentunya yang kemudian kami bagikan kepada pembaca khususnya pemancing mania di manapun berada. Semoga keberadaan blog / website ini bermanfaat!