12 November 2017

Cara Meracik Essen Untuk Lumut

Deskripsi :

" Membuat sendiri racikan, oplosan essen nila jitu media lumut paling dengan bahan racikan dan aroma yang disukai ikan nila liar. Sangat cocok dan paling galak untuk memancing ikan nila berukuran babon" .

Bagi kalian para pemancing jarambah, pemancing mania yang suka nye-spot di waduk jatiluhur, cirata, saguling, jatigede, gajah mungkur, wadas lintang dan waduk lainya pasti tak akan ketinggalan akan umpan yang satu ini, yaitu lumut / lukut.

Karena, selain cacing atau umpan hidup lainya ikan mujahair, nila juga sangat menyukai umpan yang satu ini. Kelebihan menggunakan umpan lumut ini, bahwa hampir bisa dipastikan 99% hasilnya adalah ikan nila atau mujahair. Selain hemat di kantong saku, dapat ditemukan di sepanjang jalan menuju spot mancing. Umpan ini juga tidak terlalu kotor di tangan bila dibanding jika menggunakan umpan cacing.

Namun demikian, pada musim panas / kemarau umpan lumut atau lukut ini agak sulit didapatkan karena habitatnya ada di empang, balong, sawah atau tempat-tempat berair lainya.

essen lumut

Ada 3 macam jenis lumut yang biasa digunakan oleh para pemancing yaitu lumut sawah (seperti rambut, panjang), lumut busa (seperti busa dacron/kapas sintetis untuk bantal) dan lumut batu (bentuknya pendek tumbuh di bebatuan tapi ulet/liat tak mudah pudar akan ombak air). Dari ketiga jenis lumut diatas aat ini lumut busa lah yang banyak digunakan oleh pemancing karena sangat mudah dikaitkan pada mata kail.

Ok.. marilah kita langsung menuju masalah pokok, yaitu : Cara Meracik Essen Untuk Lumut yang resepnya didapat dapat dari hasil eksperiman penulis sendiri. Artinya, tidak ada kajian khusus ataupun fakta ilmiah dari pembuatan essen ini. Penulis hanya membeberkan pengalaman yang telah dijalani ketika memakai racikan, campuran essen ini.

Daftar Isi:
Persiapan Meracik Essen Untuk Umpan Lumut
Bahan Baku Racikan Essen Lumut
Cara Meracik Meramu Essen Lumut
Cara Pemakaian Essen Lumut

Persiapan Meracik Essen Untuk Umpan Lumut

Berikut kami akan berbagi tentang bagaimana cara meramu, meracik aroma atau essen untuk campuran lumut. Campuran  essen lumut paling jitu yang disukai ikan nila atau mujair ini sangat jitu dan sudah teruji di kalangan komunitas kami dengan hasil yang cukup memuaskan 'mun aya laukan' ( artinya: seandainya kalau kita mancingnya pas ada ikannya ) ☺☺. Dari pengalaman kami, racikan essen untuk lumut ini sangat aman digunakan. Maksudnya racikan ini tidak membawa dampak lumut mati. Selain itu campuran essen lumut ini juga tidak begitu mengocek saku anda, karena hanya terdiri dari beberapan jenis essen saja. Untuk hasil yang maksimal kami sangat menganjurkan bahan-bahan berkualitas seperti essen merk diva misalnya. Demikian pula agar racikan essen untuk lumut (lukut) ini tetap tahan lama terhindar dari kontaminasi bakteri yang membuat cepat busuk, gunakan peralatan atau wadah, botol yang steril. Apabila perlu rebus lalu siram dengan alkohol. Berikut bahan essen, takaran essen serta cara membuat campuran essen untuk campuran lumut ini.

Bahan Baku Racikan Essen Lumut :

⦁  Essen vannila
⦁  Essen Strawberry

Cara Meracik Meramu Essen Lumut :

Campurkan kedua macam essen tersebut dalam satu wadah dengan takaran 10 : 2. Untuk essen vaninila dengan takaran 2 bagian dan essen strawbery 10 bagian. Sebagai contoh, jika anda menambahkan essen strawberry 50 ml berarti untuk essen vannila nya adalah 10 ml. Alat takar bisa menggunakan satuan wadah, atau lebih baik menggunakan alat suntikan yang sekarang sudah banyak dijual di toko-toko alat pancing agar takaran lebih akurat.

Cara Pemakaian Essen Lumut :

Karena essen terbuat dari bahan kimia ada baiknya sebelum mencapurkan essen ini ke lumut, pilihlah lumut yang masih segar, yang sudah tua agar lumut tetap kuat dan tak mudah hancur karena efek dari bahan kimia. Lumut yang sudah tua biasanya dapat dilihat dari warnanya hijau tua pekat, cenderung kehitam-hitaman. Kemudian campurkan essen yang telah siap pakai tadi sebanyak 5 tetes untuk ukuran lumut dengan wadah baskom yang berdiameter -+ 30cm. Sebaiknya teteskan essen tersebut pada air yang telah anda persiapkan pada sebuah baskom, baru kemudian anda tuangkan lumut. Aroma dari racikan essen untuk lumut ini sangat menyengat. Walaupun saat ini penggunaan akan essen untuk campuran umpan bukanlah hal yang rahasia lagi, namun demikian kita terkadang merasa malu terhadap orang (pemancing lain) yang berada di samping kiri / kanan kita, sebaiknya anda persiapkan dari rumah. Teteskan campuran essen yang sudah jadi (siap dipakai) kedalam sebuah kantong plastik lalu tuangkan air kira-kira setengah gelas lalu talikan plastik dengan erat agar tidak bocor.

Selain untuk campuran lumut, racikan essen ini bisa ditambahkan pada menir atau dalam bahasa sundanya beunyeur sebagai umpan penabur atau paralak agar ikan nila berkumpul dan betah di spot mancing atau lapak kita. Caranya : Siapkan air kurang lebih 1/4 gelas atau kurang lebih 50cc lalu tambahkan tetesan racikan dari campuran essen tadi sebanyak 5 tetes lalu kocok hingga rata. Kemudian siramkan ke dalam 1/2kg menir atau beunyeur lalu aduk hingga rata. Tunggu beberapa menit hingga kering dan umpan penabur ini siap digunakan.

Terimakasih.. telah berkunjung ke blog ini, Semoga bermanfaat...

Share :

Tidak ada komentar:

Postingan Populer

About Us :

Mancing JarambahMANCING JARAMBAH adalah sebuah website yang bertemakan seputar hobby mancing yang diangkat ke dalam bentuk sebuah tulisan dari sebuah cerita nyata, pengalaman, serta berbagai tips & trick dan informasi lain yang berhubungan dengan seputar hobby mancing tentunya yang kemudian kami bagikan kepada pembaca khususnya pemancing mania di manapun berada. Semoga keberadaan blog / website ini bermanfaat!