22 Juli 2023

Kenali Aroma Yang disukai Dan Aroma Yang Tak Disukai Ikan Sebelum Berangkat Berburu

Deskripsi :

"Mengenal beberapa aroma yang disukai juga beberapa aroma yang tidak disukai, bahkan aroma yang sangat dibenci oleh ikan"

Tahukah Anda... ternyata ikan juga mempunyai daya tarik dari aroma terhadap benda yang berada disekitarnya demikan pula sebaliknya, ikan juga tidak tertarik bahkan membenci beberapa aroma dari benda yang berada di sekitar habitatnya.

Nah...bagi kalian yang suka mancing sudah merupakan suatu keharusan untuk mengetahui aroma apa saja yang disukai dan aroma apa saja yang sangat dibenci oleh ikan. Berikut penjelasannya :

Daya Penciuman Ikan

Mungkin kalian pernah mendengar seekor anjing pelacak memiliki indra penciuman 400 - 600 kali lebih tajam ketimbang penciuman manusia. Luar biasa bukan? Namun demikian dari beberapa literasi yang pernah saya baca bahwa seekor ikan justru memiliki indra penciuman lebih dari 1.000 kali lebih baik daripada penciuman manusia.

Aroma yang disukai ikan

Kita mungkin juga pernah melihat sebuah film dimana seorang penyelam yang terluka meneteskan sedikit darahnya di dalam air laut hingga tak lama kemudian datanglah segerombol ikan hiu mendatangi di seputar tetesan darah tesebut. Jika dihubungkan dengan indra penciuman ikan yang memiliki 1000 kali lebih baik darpada penciuman manusia ternyata peristiwa datangnya segerombolan ikan hiu tadi cukup beralasan.

Atau kita juga pernah mengalami saat mancing bareng berdekatan dengan seorang rekan pemancing lain dimana dia tak henti-hentinya strike. Anda mungkin berpikir, "Wah, orang itu beruntung, tidak mungkin tidak, pasti aroma umpannya bagus, pasti aroma essennya jitu!"

Dari cerita diatas menunjukkan  bahwa ikan memilki sistem penciuman yang lebih berkembang ketimbang hewan lainnya. Itulah sebabnya kenapa seorang pemancing harus mengetahui perihal tersebut. Ini semata-mata hanya untuk dapat memberikan aroma pada umpan yang mereka bawa saat berangkat berburu ikan jika mereka pingin sukses dalam berburu ikan. Secara singkat dapat dijelaskan bahwa seorang pemancing haruslah tahu aroma apa saja yang disukai ikan dan aroma apa saja yang tak disukai bahkan dibenci oleh ikan.

Dari beberapa literasi yang pernah saya baca, baik web luar negeri maupun web dalam negeri mereka sepakat bahwa berikut dibawah ini merupakan aroma yang disukai ikan  dan aroma yang tak disukai oleh ikan.

Aroma Yang Disukai Ikan

⦁  Aroma alami yang berasal dari seputar habitat ikan dimana mereka tinggal seperti bau amis cacing tanah, udang, ikan dan hewan lain berukuran lebih kecil dari pemangsa. Aroma segar tumbuh-tumbuhan air seperti lumut, kangkung dan tumbuhan air lainnya.

⦁  Minyak Ikan ~ pemancing dunia semua sepakat jika minyak ikan ini merupakan salah satu zat yang mampu menarik perhatian ikan. Namun perlu digarisbawahi bahwa minyak ikan disini lebih diutamakan minyak ikan yang memang khusus digunakan untuk campuran dalam pembuatan pelet ikan. Aromanya lebih terasa amis ketimbang minyak ikan yang produksi untuk konsumsi dalam bentuk butiran.

⦁ Garam ~ Garam juga merupakan salahsatu zat yang dapat mengundang perhatian ikan. Maka tak aneh lagi jika seorang pemancing selalu menambahkan beberapa sendok garam ke dalam adonan umpan yang mereka buat. Bahkan beberapa pemancing ada yabg menaburkan garam yang menaburkan garam disekitar area mancing mereka.

⦁ Air Ludah Manusia ~ Dahulu sebelum orang-orangtua kita menemukan essen mereka sering menyembur air ludahnya ke umpan yang ada di kail lalu melemparkannya ke air sungai dan tak lama kemudian ikan pun datang menghampir. 

⦁ Kopi ~ Aroma kopi juga termasuk aroma yang mampu menarik perhatian ikan. Ini didapat dari pengalaman pemancing ketika mereka kesal karena umpannya tidak disambar ikan. Akhirnya mereka coba-coba untuk mencelupkan umpan yang ada di kail ke dalam seduhan air kopi yang mereka minum. Sedikit caerita tentang aroma kopi ini, suatu ketika saya mancing disebuah kolam di daerah cibeber tepatnya di depan perumahan pancanaka. Dari awal season saya selalu memperhatikan seseorang pemancing yang selalu masuk nominasi juara. Saya mencoba untuk merayu dan menanyakan "sebenarnya zat apa yang anda tambahkan ke dalam racikan umpan anda hingga selalu masuk dalam nominasi juara?". Dia menjawab dengan suara pelan dengan maksud jangan sampai terdengar oleh rekan lain. " Saya menambahkan aroma kopi moca (mirip aroma kopi luwak) 3-4 tetes. Untuk hasil yang maksimal, beli biangnya di toko khusus bahan kue".

⦁  Bawang putih ~ Aroma dari bawang putih yang menyangat juga sangat menjadi perhatian ikan. Orang-orang dahulu kala hingga sekarang selalu menambahkan aroma bawabg putih ke umpan mereka.

⦁  Adas ~ Aroma adas juga merupakan aroma yang sangat disukai ikan. Dari beberapa literasi yang pernah saya baca, di luar negeri baanyak pemancing menggunakan bawang putih dan adas ini sebagai aroma perangsang utama pada umpan mereka. Aromanya yang khas cepat mengundang ikan untuk menghampiri umpan di kail mereka.

⦁  Adas ini merupakan tanaman yang berasal dari timur tengah. Aroma dan bentuknyapun sangat mirip dengan jinten. Perbedaan antara dua jenis tanaman yang dijadikan bumbu dapur ini anda bisa searching di google.

Aroma Yang Tak Disukai Ikan

⦁  Minyak Bumi ~ Seperti bensin, oli, minyak tanah ini sangat tidak disukai bahkan sangat dibenci oleh ikan. Ini berawal dari seorang nelayan ketika di tanganya bau bahan bakar dari mesin perahunya. Lalu dia memasukkan tanganya ke dalam air laut ketika melihat segerombolan ikan yang berada tidak jauh darinya. Tak lama kemudian ikanpun pergi menjauh darinya.

⦁  Minyak dari kulit tubuh manusia ~ Bagi manusia mungkin tak mampu mencium aroma lemak yang berasal dari tubuhnya sendiri, namun bagi ikan aroma minyak tubuh ini mampu dideteksi dan merupakan suatu aroma yang sangat tidak disukai oleh mereka.

⦁  Obat Serangga ~ Mungkin kita tak pernah menyadari sebuah semprotan serangga yang mengenai salah satu bagian dari peralatan mancing kita, padahal zat dari obat serangga yang menempel pada joran ataupun tali pancing ini mampu dideteksi dengan baik o;eh ikan. Dan aroma dari zat yang berasal dari obat serangga ini merupakan salahsatu oroma yang sangat tidak disukai ikan.

⦁  Tabir Surya ~ Zat ini biasanya banyak ditemukan pada lottion ( hand & body lottion ). Banyak dari kita jarang memperhatikan hal ini. Karena sudah menjadi kebiasaan memakai body lotion setelah mandi sekalipun hendak berangkat berburu ikan.

⦁  Nikotin ~ Sebagian besar pemancing adalah perokok, sebagian besar pula dari mereka berpendapat bahwa hambar rasanya ketika mancing tidak sambil merokok. Jika demikian hendaknya berhati-hati terutama hembusan asap jangan sampai mengenai tali pancing bahkan mata kail. Demikian pula pada tangan setelah memegang atau menyentuh rokok terlebih jika tangan dalam keadaan basah. Zat nikotin sangat mudah menempel dan melekat pada jari-jari tangan. Bagi pemancing yang memahami hal ini mereka selalu membawa dan membasuhkan ke tangan mereka alkohol ataupun minuman yang mengandung alkohol seperti bir sebagai penetral aroma nikotin. Bahkan kehati-hatian mereka sampai dengan membasuh peralatam pancing juga tangan mereka untuk menghilangkan aroma dari semprotan serangga, minyak kulit tubuh manusia juga zat tabir surya jika ada yang menempel.

⦁  Sabun Mandi, Sabun deterjen ~ Sabun ini bukan terletak pada aroma wangi dari sabun itu sendiri tapi lebih kepada sifat dar sabun yang dapat mengikis minyak dari kulit tubuh manusia. Sehingga dikhawatirkan dapat menempel pada peralatan pancing ataupun umpan saat digunakan.

Kesimpulan Dan Saran

Apa yang dipaparkan diatas adalah sebagian dari apa saja yang disukai juga apa saja yang tidak disukai oleh ikan. Intinya.. usahakan beri atau tambahkan sesuatu hal yang disukai atau yang bisa menarik ikan untuk datang menghampiri mata kail. Demikian pula, jauhi sesuatu hal yang tidak disukai bahkan sesuatu hal yang dapat mengusir ikan. Bawalah zat yang dapat menghilangkan atau menetralisir jika tangan ataupun peralatan pancing terkontaminasi oleh sesuatu yang tidak disukai bahkan dibenci oleh ikan. Misalnya alkohol, cairan pekat air garam. Ada sebagian pemancing yang tak merasa jijik menambahkan air seni nya kepada umpan mereka. Namun demikian, ternyata air seni manusia juga mampu menetralisir hal-hal negatif pada umpan yang mereka gunakan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi wawasan akan pengetahuan seputar hobi mancing. Salam mania dari saya, dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada rekan, group atau sosial media anda. Thank's..!

Share :

Tidak ada komentar:

Postingan Populer

About Us :

Mancing JarambahMANCING JARAMBAH adalah sebuah website yang bertemakan seputar hobby mancing yang diangkat ke dalam bentuk sebuah tulisan dari sebuah cerita nyata, pengalaman, serta berbagai tips & trick dan informasi lain yang berhubungan dengan seputar hobby mancing tentunya yang kemudian kami bagikan kepada pembaca khususnya pemancing mania di manapun berada. Semoga keberadaan blog / website ini bermanfaat!