23 Januari 2018

Umpan Jitu Ikan Mas Kolam Harian

Deskripsi :

Meracik sendiri umpan ikan mas untuk mancing di kolam harian yang sederhana, murah meriah tapi tetap jitu dan ampuh serta tahan digunakan dalam waktu seharian.

Memancing ikan mas di arena lomba kolam harian memang sangat memuaskan dan menyenangkan. Namun demikian kita juga harus memikirkan dan memperhitungkan apakah umpan yang kita gunakan cukup untuk seharian serta mampukah umpan tersebut bertahan dalam sehari tanpa mengalami perubahan kualitas agar ikan juga tetap mau menghampiri mata kail yang kita pasang tentunya.

Pada artikel ini saya ingin berbagi tips tentang bagaimana cara membuat "Umpan Jitu Ikan Mas Kolam Harian" yang murah meriah, sederhana tapi insyaAllah sangat jitu dan super ampuh untuk lomba di kolam harian. Bahan dasarnya pun sangat gampang kita peroleh di toko umpan terdekat kecuali bahan pelet PS-P yang harus kita beli di toko khusus pakan ikan.

Kenapa yang dipilih sebagai bahan utama adalah pelet PS-P?, selain mempunyai aroma perangsan yang khas untuk ikan mas, pelet ikan ini juga memiliki warna yang berbeda dengan pelet ikan pada umumnya yang berwarna coklat. Pelet PS-P ini cenderung berwarna putih, dan butirannya pun seperti pasir. Untuk lebih jelasnya, berikut bahan serta cara pembuatanya.

Resep umpan kolam harian

Bahan Dasar Umpan Jitu Ikan Mas Kolam Harian :

- Mie instan ( indomie bawang) : 1 bungkus (-+ 70gr)
- Pelet ikan serbuk merk PSP : 100gr
- Telor bebek : 4 butir (kuning telor)
- Mentega merk Wijsman : 50 gr
- Pengawet makanan benzoat : 300mgr (-+ 1/4 sendok teh). Bahan pengawet ini digunakan karena pertimbangan penggunaannya pada arena kolam harian yang harus mampu bertahan dalam satu hari. Aturan atau takaran pemakainnya pun distandarkan pada penggunaan untuk makanan, yaitu 600mgr/kg.

Cara Membuat Umpan Jitu Ikan Mas Kolam Harian :

1. Lembutkan / blender 1 bungkus mie instan hingga halus
2. Campurkan 1 bungkus mie instan yang telah dihaluskan tadi, 100gr pelet PSP, 4 butir kuning telor bebek, 50gr mentega, pengawet makanan benzoat dan air secukupnya ( atur jangan terlalu encer ) lalu aduk hingga halus rata.
3. Masukan adonan yang telah siap tadi kedalam plastik yang berukuran agak tebal ukuran 1/2kg lalu rebus sampai mendidih hingga adonan benar-benar matang.

Cara Pemakaian Umpan Jitu Ikan Mas Kolam Harian :

Adonan diatas siap pakai diatas kurang lebih mencapai berat sekitar 600-800gr. Ambil umpan siap pakai  tersebut secukupnya untuk satu kali pemakaian. Kenapa demikian..? Ya.. karena menurut pandapat penulis, meskipun racikan umpan ini telah memakai bahan pengawet hal ini bertujuan untuk menghindari terkontaminasinya umpan dari bakteri yang bisa merusak umpan tersebut karena terbukanya ( tak terbungkusnya ) umpan yang terlalu lama amat rawan terhadap bakteri. Misalkan, ambil 50gr umpan siap pakai tersebut, lalu tambahkan ikan tuna kaleng merk deho atau ikan tongkol atau bisa juga ikan salmon seberat 10% dari umpan yang digunakan tersebut ( 10% x 50gr = 5grm = -+ 1sendok teh ). Ini dimaksudkan agar aroma ikan tuna, ikan tongkol ataupun ikan salmon yang ditambahkan tadi tidak mendoninasi dari aroma umpan yang berasal dari bahan utama pelet PS-P tadi. Untuk penggunaan maksimalkan tambahkan kroto secukunya, karena kita ketahui kroto ini mengandung lebih dari 50% kadar protein.

Share :

Tidak ada komentar:

Postingan Populer

About Us :

Mancing JarambahMANCING JARAMBAH adalah sebuah website yang bertemakan seputar hobby mancing yang diangkat ke dalam bentuk sebuah tulisan dari sebuah cerita nyata, pengalaman, serta berbagai tips & trick dan informasi lain yang berhubungan dengan seputar hobby mancing tentunya yang kemudian kami bagikan kepada pembaca khususnya pemancing mania di manapun berada. Semoga keberadaan blog / website ini bermanfaat!